Friday 24 June 2016

Magnet dinamo starter sepeda motor lepas

Jaman sekarang menghidupkan motor sangat berbeda jika dibanding jaman kabayan minum jamu dahulu. Harus menggunakan kick starter, atau extremenya harus di dorong dulu supaya mau bangun. Alhasil, manusia jaman dulu rata-rata memiliki kaki yang kokoh nan kuat.. heheheh.. Tapi jaman sekarang, berkat tekhnologi semua urusan hajat manusia di permudah. Hidupin motor tinggal pencet, ambil air tinggal pencet, hidupan yang lain.. hehehe. Malam ini Twool ingin berbagi sedikit pengetahuan mengatasi masalah elektrik starter pada sepeda motor, yang twool dapat juga dari google, sengaja twool rangkum disini agar nggak perlu susah-susah nyarinya hehehe. 



Pernahkah anda mengalami, ketika anda men-starter sepeda motor anda terdengar bunyi yang tidak lazim? bunyi kasar atau bunyi klek-kelk dari area dinamo starter motor? jangan panik, itu bukan hantu juga bukan mak lampir. Dengan adanya suara begitu berarti dinamo starter anda sedang tidak waras. mari cek satu persatu, (padahal cuma adan 2 bagian inti) heheheh.

Pertama yakinkan dulu bahwa kondisi batre motor anda dalam kondisi prima, tidak drop/soak. lalu pastikan bendik atau otomatis start masih dalam kondisi sehat wal afiat, ditandai dengan adanya bunyi ctek..ctek pada bendik. nah pertama-tama bukalah baut pengunci dinamo ke bodi mesin. eit, jangan lupa keluarkan olinya dulu ya, supaya tidak tumpah berceceran. Setelah terbuka tarik keluar as atau kumparan yang berada di dalam wadah dinamo tersebut. Dibagian tutup dinamo akan kita jumpai karbon atau kul atau sikat dinamo, nah dibagian badan kita akan temui magnet. 



Magnet bekerja dengan menyediakan kutub utara dan selatan yang akan menarik kumparan yang ada di as tengah sehingga menimbulkan putaran yang selanjutnya berfungsi untuk memutar mesin. Nah bagaimana jika magnet dinamo starter ini lepas dari dudukanya?? solusinya sangat gampang sekali. Berhubung magnet dinamo startnya copot, sekalian saja bersihkan rumah dinamo dari debu debu yang menempel. Setelah bersih jangan lupa di lap dengan kain yang lembut agar tidak ada sisa-sisa debu atau minyak yang menempel. Untuk memasang magnet anda dapat menggunakan superglue, atau lem cina atau lem instan. Memang ada sich lem khusus yang dipakai untuk merekatkan komponen-komponen mesin, namun saya rasa tidak semua daerah ada yang menjual lem tersebut. Kembali ke pemasangan magnet, jangan sampai terbalik memasang kedua buah magnet, karena dapat mengakibatkan putaran dinamo juga terbalik. Setelah di lem, tunggu 15 hingga 25 menit agar lem benar-benar kering dan magnet merekat kuat pada badan dinamo sebelum anda memasang kembali dinamo start tersebut ke posisi semula. 

Demikian cara memasang magnet dinamo yang lepas, sekaligus menyambung tulisan twool sebelumnya cara memperbaiki dinamo starter motor sekaligus menjawab pertanyaan dari sobat penyek permana.. hehehe , semoga bermanfaat. terimakasih.

Artikel Terkait

Magnet dinamo starter sepeda motor lepas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda