Thursday 23 June 2016

Starter motor mati, jangan salahkan aki dulu

Malem sobat blogger, malem ini pengin banget nulis pengalaman pribadi tentang motor jupiter kesayangan kita. Ceritanya, beberapa minggu yang lalu starter motor tiba-tiba mati. Awalnya tersangka mengarah pada aki motor yang sudah lumayan lama dipakai, sekitar 2 tahunan. Setelah dicek ternyata aki masih bagus, ditandai dengan cahaya lampu yang masih terang benderang, juga suara klakson masih terdengar merdu membelai kalbu. Akhirnya aki dinyatakan bebas dari tersangka. Selanjutnya yang menjadi DPO adalah relay/otomatis starter, ini berdasarkan kebiasaan yang sering menjadikan relay penyebab utama starter ngadat. Dengan keyakinan penuh, relay kita test dengan menekan tombol starter berkali-kali sambil mendekatkan telinga ke relay. Masih terdengar bunyi tek-tek-tek-tek. aahhh ini menandakan relay masih berfungsi dengan baik, belum membutuhkan obat kuat. 

Akhirnya saya dapatkan biang keladi dari permasalahan starter tidak mau menyala di motor saya ini. Sumber permasalahannya ada pada dinamo starter. ya dinamo starter, karena setelah saya ingat-ingat sudah 8 tahun belum pernah di buka. akhirnya motor kita tendang dan bawa ke bengkel tata motor yang dijaga oleh penjaga gawang "penyek-botak". Setelah bongkar dan ganti kul dinamo, jreng, starter kembali hidup dengan nafas yang baru. 

Nah bagi anda pemilik kendaraan bermotor, apabila suatu saat starter anda tidak bisa hidup, jangan buru-buru memfitnah aki sebagai biang keladinya. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan siapa yang bersalah. 

1. AKI / Baterry

  Yupp. periksa aki motor anda, apakah masih berfungsi dengan baik atau sudah saatnya minta adik yang baru. Cara mengetahui aki masih bagus atau tidak, posisikan kunci kontak pada posisi ON, apakah lampu Netral dipanel spidometer hidup atau gelap, bisa juga dari cahaya lampu (bagi motor yang mengandalkan lampu direct) atau dari suara klakson, masih nyaring atau sudah sember atau bahkan cuma tinggal getaran saja. Kalau masih kurang puas, gunakan Multimeter, apabila tegangan aki masih di kisaran 12-13,7V pertanda aki masih dalam keadaan bagus. Periksa juga kondisi sekring yang terpasang di aki tersebut, masih nyambung atau sudah putus.

2. Tombol Starter



Ini hal sepele yang kadang terlupakan atau diabaikan. Periksa apakah tombol masih berfungsi dengan baik. Karena posisi tombol berada pada area terbuka yang selalu terkena hujan dan debu, tombol ini sering sekali macet karena korosi yang dialami. Cek dengan cara buka tombol starter dan cek apakah masih nyambung atau sudah putus. Pengecekan bisa dilakukan dengan Multimeter.

3. Otomatis starter/bendik/relay


Periksa apakah bendik masih berfungsi dengan normal atau tidak. caranya, posisikan kontak pada posisi ON lalu tekan tombol starter, apabila masih ada bunti tek-tek-tek saat tombol starter ditekan itu berarti bendik masih pada kondisi yang bagus.

4. Dinamo Start


Inilah tersangka terakhir dalam kasus matinya starter sepeda motor. Sebelum membuka dinamo starter, jangan lupa test dahulu pada kabel suplay di dinamo tersebut. caranya buka kabel (biasanya warna merah) yang ada di dinamo tersebut. Untuk test gunakan multimeter yang di posisikan pada VDC. sambungkan node merah ke kabel dinamo dan node hitam ke bodi motor, lalu tekan tombol starter, apabila jarum multimeter masih bergerak berarti masalah ada pada komponen dalam dinamo tersebut. akan tetapi bila jarum tidak bergerak, sebaiknya urungkan niat anda untuk membongkar dinamo tersebut. Nah apabila jarum bergerak, sudah dapat dipastikan anda harus membongkar dinamo tersebut, siap-siaplah anda untuk membawa motor kesayangan anda ke bengkel. 

Itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan ketika motor kesayangan anda tidak dapat dibangunkan dengan starter otomatis. Lain waktu akan saya bagikan pengalaman bagaimana cara mengganti kul dinamo starter pada sepeda motor. Demikian semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Starter motor mati, jangan salahkan aki dulu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

50 comments

9 October 2017 at 10:32 Delete

Waaahhh...info-nya sangat membantu, kebetulan lagi nelusurin starter elektrik motor saya yg ngadat..padahal bar ganti aki

https://lapakmotorbekas.blogspot.co.id/2017/10/blog-moge-bekas-dijual-moge-bmw-gs1200.html

Reply
avatar
30 November 2017 at 23:21 Delete

Gan, saya mau nanya
Motor saya satria fu, speedometer nya blank, lampu indikator mati, kalau di starter gak mau.
Tapi kalau di engkol mau gan.
Kira2 apa masalah dan solusinya apa gan?

Reply
avatar
22 January 2018 at 14:11 Delete

Terbaek.
Hampir ja w souzon ama aki.a..

Reply
avatar
8 March 2018 at 09:03 Delete

Kasus sama kalo pas di starter bunyi tek tek tek
Tapi kalo pas di engkol malah kadang dari knalpot seperti kluar suara ledakan
Itu kno ya kira2

Reply
avatar
10 March 2018 at 19:23 Delete

suhu mau tnya,, mtor tmn sy kawasaka athlete .. lampu netral nyala,, stater gk mau nyala tp bnyi tek tek trs mslh klakson di pencet gk mau bnyi sm se x..mksh suhu

Reply
avatar
27 March 2018 at 12:03 Delete

masih ada kurang tu gan saran nya,utamain cek fius pada aki putus apa belum,itu berpengaruh juga pada sambungan aki gan

Reply
avatar
26 May 2018 at 11:19 Delete

mau nanya stater masih bisa tapi mesin motor gak mau nyala lampitterang dan klakson bagus.. masalahnya apa ya...

Reply
avatar
23 July 2018 at 15:51 Delete

Izin min
Ini motor saya jupiter z
Aki sudah baru dinamo stater baru juga
Bendik stater dicek masih ada suara tek tek tek
Tapi masih belum bisa stater motornya.
Lampu" nyala semua bagus terang. Klakson on juga.. gimana ini min ..

Reply
avatar
4 August 2018 at 22:32 Delete

Bos....tadi motor ane truble....ceritanya gini...
Ane kan lagi nambah angin di pom bensin abis itu ane nyalain motor kaga nyala2...trus ane diemin ga lama nyala ...dri pom bensin pinang Ranti Ampe jengki 2x mati..setiap di starter kaga nyala....tapi ane sela nyala....tapi waktu mesin nyala trus ane coba pencet starter keadaan mesin nyala langsung mati..itu ane coba berkali kali....Keadaan mesin nyala ane coba sen,lampu,klakson...normal...sekarang sih klo di sela nyala tapi klo ane pencet starter mati mesinnya....solusinya dong bosku

Reply
avatar
14 September 2018 at 19:33 Delete

Motor saya jupi burham , minta solusinya motor saya normal lampu juga normal n tapi kalau d stater mesinnya kok malah mati n minta solusinya

Trims..

Salam plat AE

Reply
avatar
16 September 2018 at 00:46 Delete

gan mau nanya.. vixion saya distarter susah tapi saat distarter masih bisa bunyi ckekekk ckekekek, tapi mesin ngga mau nyala. di kick starter juga ngga mau nyala... kadang kadang di starter bisa nyala tapi mesin brebet brebet sebentar, kemudian brebet nya hilang sperti motor normal

Reply
avatar
20 September 2018 at 07:34 Delete

terimakasih atas saran dan pengalaman yg anda bagikan pd kami,karena kami sedang punya masalah yg sama pada setater motor saya sepertinya sama stater lemah dan motor tidak mau di setater otomatis.thanks broow

Reply
avatar
24 September 2018 at 21:13 Delete

Motor saya jupiter z aki baru swit juga baru tapi masih juga kadang2 mau starter kadang gak bisa ... Akan tetapi misalkan saya pencet starter trus saya injak dikit aja starter kaki langsung mau start.

Reply
avatar
3 October 2018 at 08:43 Delete

Pagi bisa...sy baru ganti aki dan kiprok,Ateng dinamo jg dah ganti..knp staternya masih kadang2 hidup kadang ga hidup..ga tokcerlah,solusinya gmn ya bos...

Reply
avatar
Anonymous
26 October 2018 at 12:46 Delete

Anya Gan motor ane aki ternyata saya coba ke motor lain jreng masih sehat.. Tapi di starter tek tek tek aja lampu indikator terang tapi klakson ngadat2.... Apalagi kalo pas jalan malah kagak bisa diklakson mohon pencerahan apakah Bendik atau dinamo startenya

Reply
avatar
16 December 2018 at 14:49 Delete

Gan kalo beat injeksi,pas di kontak tapi lampu indikator ga nyala dan ga bisa di starter ngaruh ga ke injeksinya thk

Reply
avatar
6 January 2019 at 19:19 Delete

Pak bro..saya punya motor suzuki sky wave habis ganti aki.tp starter tangannya tidak mau nyala..apa penyebabnya ya..

Reply
avatar
21 January 2019 at 09:01 Delete

Gan..mau tanya dinamo motor vega saya sudah ganti kol/karbon bras,piwer ke dinamo ada tapi kenapa dinamo nasih ga bisa hidup...tolong solusinya gan...haturnuhun

Reply
avatar
23 January 2019 at 18:35 Delete

Mau nanya motor ane scoopy stater klakson sma spedo meter nya tiba2 mati,tapi diengkol hidup apa nya ya gan

Reply
avatar
21 February 2019 at 18:11 Delete

Gan mo tanya,kalo ganti dinamo stater apakah hrs bongkar blog mesin?makasih

Reply
avatar
28 March 2019 at 13:55 Delete

Ada yg aneh juga di matic beat.. lampu rem mati eeh starter juga ikut mati..
Bgitu lampu rem diganti dan nyala eeh starter hidup.. hmmm kok bisa gitu yaaa...

Reply
avatar
8 April 2019 at 19:20 Delete

Motor ane gitu juga gan, situ udh ketemu masalahnya d mana gan?

Reply
avatar
10 April 2019 at 09:57 Delete

Poin 3 bisa, terus apa yang harus di perbaiki?

Reply
avatar
13 April 2019 at 00:06 Delete

Malam,saya mau tanya nih bang,motor new Vixion saya staternya mati,tapi kalo di sela hidup,terus saya cek lampu sen hidup,klakson hiduup,lampu netral nyala.itu semua saya cek sebelum mesin di hidupkan.solusinya bos..

Reply
avatar
13 April 2019 at 00:07 Delete

Malam,saya mau tanya nih bang,motor new Vixion saya staternya mati,tapi kalo di sela hidup,terus saya cek lampu sen hidup,klakson hiduup,lampu netral nyala.itu semua saya cek sebelum mesin di hidupkan.solusinya bos..

Reply
avatar
18 April 2019 at 20:35 Delete

Malam suhu...kl untuk mio soul gt 125 new,
Starter mati pas di sela baru hidup semua spedo,klakson,dan sen..ada apa dengan "starternya" nuhun info'a

Reply
avatar
14 May 2019 at 07:18 Delete

Relay oke bunyi tek.tek.tek trs aki masih oke saya cek dinamo stater ternya ta hancur akhirnya saya bli dinamo stater baru dan saya pasang tetap saja tidak mau hidup hanya bunyi tek.tek..saja..ampe skrng saya biarin aja mdh2an hidup sendiri

Reply
avatar
14 May 2019 at 18:31 Delete

Mau nanya dong gan kenapa ya motor ane gak mau nyala2 padahal ane udah gapernah isi bensin bbrapa minggu..?

Reply
avatar
9 June 2019 at 20:17 Delete

Mau tanya gan,, motor gw nouvo baru ganti aki,, stater ttp gak bisa.. Tp kl kl habis diajak muter2 stater bisa alias nyala,, tp kl udah setengah jam kudu diengkol lg.. Bantu jawab

Reply
avatar
11 June 2019 at 23:08 Delete

Karburatornya coba di cek

Reply
avatar
11 June 2019 at 23:11 Delete

Kemungkinan besar bendiknya mas coba bendiknya di cek dgn cara di konsletkan dalam kontak on kalau dinamo mau muter trus bendik keluar api brati bendiknya kalau dinamo g mau muter brati ya dinamonya kalau gak cek kabel2nya

Reply
avatar
11 June 2019 at 23:12 Delete

Motornya apa kalau megapro atau tiger gak usah tinggak copot aja tapi kalau g mau ribet ya terserah

Reply
avatar
12 June 2019 at 15:50 Delete

Mau nanya tiba2 motor saya ngk hidup starter.itu masalahnya apa ya?

Reply
avatar
13 June 2019 at 19:57 Delete

Mau nanya motor dikontak ga nyala(ga bisa starter) ga bisa diengkol juga apanya yah

Reply
avatar
29 June 2019 at 03:20 Delete

Motor saya supra fit new R 2007, semua pelistrikan normal lampu utama sein spedo nyala klakson bunyi dsb, tp klo di starter ga mau sma skali, trs bagian dlm jok sprti ada yg bergetar, kira2 apanya ya?

Reply
avatar
7 July 2019 at 09:48 Delete

Masalah motor ku sama dngn Abdul karim,,,, solusi nya bgmn yach

Reply
avatar
30 July 2019 at 18:05 Delete

sistem pengisiannya kali gan,biasanya kiproknya...maaf gan klo salah

Reply
avatar
30 July 2019 at 18:07 Delete

cek relay staternya gan sm dinamo nya

Reply
avatar
14 August 2019 at 18:14 Delete

Tanya,mio 2010,aki baru,tp kl kontak on sama sekali tidak ada yg bisa nyala,riting ataupun klaksonnya.tp kl dingkel dan mesin nyala,semua bisa fungsi.kira2 apanya

Reply
avatar
4 January 2020 at 12:49 Delete

Iya gan sama dengan motor saya ,,,satria fu injeksi

Reply
avatar
29 January 2020 at 10:21 Delete

Gan mau nanya , motor vario karbu ibu saya udah ganti aki .. Ganti bendik stater 2x tpi stater mati2 an trus gan .. Itu knp ya ? Tolong solusi nya

Reply
avatar
29 January 2020 at 10:22 Delete

Tapi ga bunyi jeg" klo di stater

Reply
avatar
30 January 2020 at 08:27 Delete

Bang...motor saya vixion old hampir seminggu ga dipanasi da ga dipake..kontaknya gabisa nyala dan gabisa diapa"kan itu kenapa ya bang?

Reply
avatar
24 February 2020 at 22:21 Delete

Coba cek di bagian spul normalan gak

Reply
avatar
1 May 2020 at 11:26 Delete

Bang, vario saya tidak bisa di starter tapi lampu dan klakson menyala normal, kenapa kendalanya ya?

Reply
avatar
6 February 2021 at 14:54 Delete

mas kalo vario 125 aki baru tetap enda mau stater dan kalo lampu utam di nyalakan saat jalan mesin langsung mati apa ya penyebab nya

Reply
avatar

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda