Thursday 23 June 2016

Cara memperbaiki dinamo starter motor yang mati

Selamat pagi sobat blogger, masih puasa? semoga masih lancar sampai selesai nanti. OK, seperti janji saya sebelumnya untuk mengupdate artikel tentang starter motor yang mati , kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman tentang cara memperbaiki dinamo start yang mati. Ok, langsung saja ya. oh iya, contoh kasus ini pada sepeda motor saya, jupiterZ tahun 2008.

1. Lepaskan dinamo start dari mesin


Untuk sepeda motor jupiter Z, dinamo starter ini berada di bawah mesin. Pertama lepas dulu plat pelindung bawah dengan membuka empat baut penahannya. Baru kemudian buka dinamo dengan melepas dua buah baut di tutup magnet sebelah kiri. Jika sudah lepas kabel suplay warna merah yang nempel di terminal dinamo.

2. Lepas rotor dinamo

gambar : otomotif.com

Untuk melepas rotor ini anda perlu membuka 2 buah baut panjang yang berada di bagian belakang dinamo, setelah terlepas, sebelum anda membuka rotor dinamo harap diingat posisi pin di badan dinamo agar tidak terjadi kesalahan pada saat pemasangan ulang nantinya. Ini dapat menjadi kesalahan konyol, dimana kesalahan pemasangan bodi rotor ini dapat mengakibatkan putaran as bisa terbalik yang mengakibatan tidak dapat menstarter mesin.

3. Lepas Kul 



Sebelumnya, perhatikan dulu kondisi kul, apabila masih tebal berarti belum perlu diganti, anda dapat memutuskan apakah sudah saatnya mengganti atau belum. Apabila anda memutuskan untuk menggantinya, buka baut penahan kul tersebut dan lepas kedua kul. Tidak ada patokan kul untuk sebelah kiri atau sebelah kanan, jadi tenang saja, selama kul dapat dipasang pada posisinya berarti sudah benar. Selesai. anda tinggal memasang kembali rumah rotor tersebut dengan memperhatikan garis pin di badan dinamo agar putaran as dinamo sesuai yang diharapkan. Nah sebelum mengembalikan dinamo pada posisinya, ada baiknya anda test dulu dinamo tadi, apakah daat hidup atau tidak. 

Untuk mengembalikan dinamo pada posisi semula, anda tinggal mengikuti arahan diatas dengan terbalik.

Begitulah sedikit pengalaman untuk mengganti kul dinamo starter sepeda motor. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara memperbaiki dinamo starter motor yang mati
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda