Thursday 23 June 2016

Memonitor jumlah pengunjung blog

selamat malam sobat blogger. Bagi yang muslim, bagaimana tarawihnya??semoga lancar dan diterima semua amal ibadah kita. amin.. Kali ini kita akan membahas tentang pengunjung blog kita. Pentingkah pengunjung bagi blog kita? jawabannya adalah sangat penting sekali. Dengan mengetahui jumlah pengunjung blog kita, kita akan mengetahui sampai dimana kesuksesan blog yang kita bangun. Karena tentu saja, bagi seorang blogger, sukses adalah dengan banyaknya pengunjung yang mampir di blog kita. Lalu kalau sudah banyak pengunjung apa pengaruhnya? pertama dengan banyaknya pengunjung dapat kita artikan bahwa blog kita berguna bagi orang lain. Kedua ketika pengunjung blog kita sudah banyak, kita dapat mengajukan untuk pemasangan adsense di blog kita. jika sukses tentu akan menjadi sebuah penghasilan bagi kita. 



Perbedaan Visitor dan Page View

Masih banyak yang beranggapan bahwa visitor sama dengan page view. Padahal keduanya adalah dua istilah yang sangat berbeda. Visitor adalah pengunjung yang mengakses blog anda, atau pengunjung yang mengunjugi blog anda. Sedangkan page view adalah jumlah halaman yang dibuka oleh pengunjung, baik itu manusia atau robot. Jadi satu page view dapat dipastikan satu pengunjung, tapi satu pengunjung dapat berarti lebih dari satu page view. Logikanya, ketika pengunjung datang ke blog kita otomatis dia akan membuka minimal satu halaman. Sampai disini pengunjung kita akan bertambah satu dan page view akan bertambah satu. Kemudian pengunjung tadi membuka halaman lain karena mungkin tertarik dengan artikel yang lainnya, bisa satu halaman, bisa dua halaman atau lebih. Nah disini, jumlah pengunjung kita masih tetap tetapi jumlah page view bertambah. mudah-mudahan sampai disini sudah faham semuanya.

Ada berbagai cara untuk memonitor jumlah pengunjung di blog kita. Secara default, blogspot atau wordpress memang tidak menyediakan alat secara khusus untuk memantau pengunjung blog. Namun banyak sekali pihak ketiga yang menyediakan fasilitas untuk hal ini, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


Histats adalah salah satu penyedia widget yang berfungsi untuk memonitor trafik pengunjung blog kita dengan cukup detail. Informasi yang diberikan cukup lengkap meliputi  jumlah pengunjung, baik organik atau langganan, page view dan juga geo lokasi yang menginformasikan dari negara mana saja pengunjung blog kita. Untuk menggunakan fasilitas ini anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu ke websitenya histats. Kemudian kita akan diberi pilihan tampilan yang akan kita gunakan dan fitur-fitur apa saja yang akan kita pasang di blog kita. 


Di situs ini anda tidak perlu melakukan registrasi. cukup masukkan url blog, count start, digit count dan type tampilan lalu get code, anda akan segera mendapatkan code html untuk dipasang di widget blog anda. Namun perlu dicatat bahwa yang ditampilkan oleh tools ini adalah page view, bukan visitor. 


Tools ini tidak memerlukan registrasi, anda hanya cukup mengintegrasikan blog anda di situs tersebut dan anda akan segera mendapatkan kode untuk dipasang di blog anda. Tools ini banyak yang menggunakannya, karena selian ringan, tool ini dapat memonitor Visitor, pageview dan geo lokasi.


Dengan tools ini anda akan memperoleh informasi yang sangat lengkap bin detail. Mulai dari visitor, pageview, user aktif, geo lokasi, bahkan sampai ke keyword yang digunakan di informasikan dengan baik disini. Anda cukup registrasi dengan menggunakan email yang anda gunakan untuk membuat blog, dan blog anda akan langsung dimonitor disini.

Demikianlah sedikit informasi tentang Memonitor jumlah pengunjung blog kita. Lain waktu saya akan berikan cara untuk mendaftarkan blog anda di masing-masing penyedia tools diatas. Terimakasih semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Memonitor jumlah pengunjung blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

23 March 2017 at 02:23 Delete

Kalo pake statistik google analytics gimana caranya ? . Kunjung balik ya bos http://www.widtama.com/traffic_website.html --salam sukses--

Reply
avatar

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda