Wednesday 22 June 2016

Mudik Lebaran?? Perhatikan hal-hal berikut

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk adalah muslim, dimana setiap tahunnya dapat dipastikan akan terjadi mobilisasi masa penduduk. Istilah ini dikenal dan terkenal dengan tradisi mudik lebaran. Tradisi ini telah berlangsung sejak lama dan telah menjadi agenda rutin tahunan penduduk negeri ini. Banyak kejadian dimana para pemudik ini harus berjuang melawan padatnya jalanan yang harus dilalui. Nah bagi anda yang akan mudik lebaran tahun ini sebaiknya persiapkan segala keperluan dengan baik mulai dari sekarang. Apa saja itu? berikut penulis mencoba memberikan beberapa list yang patut untuk dipertimbangkan sebelum mudik.


foto : memecomic.id

1. Pesan Tiket jauh-jauh hari

Ini bagi para pemudik yang menggunakan alat transportasi umum. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika arus mudik atau balik lebaran, semua sarana transportasi di banjiri oleh penumpang yang akan mudik. Nah alangkah lebih baiknya jika anda mempersiapkan jadwal perjalanan anda dari sekarang. Dengan memesan tiket jauh-jauh hari, otomatis anda akan terhindar dari kenaikan harga tiket perjalanan, dan tentu saja jaminan mendapatkan tiket akan lebih besar. Pernah suatu ketika keponakan penulis akhirnya merayakan hari raya idul fitri di jalan, karena tidak kebagian tiket, sehingga akhirnya mencari alternatif dengan membeli dari calo yang harganya berkali lipat. 

2. Jika memungkinkan hindari perjalanan dengan armada darat (bus)

Hal ini patut menjadi perhatian anda, karena armada darat khususnya bus dapat dipastikan akan berbagi jalan dengan pengendara lainnya. Sedangkan kita ketahui bersama bahwa ketika arus mudik atau balik lebaran semua jalan akan dipenuhi oleh kendaraan pemudik. Sudah menjadi langganan bahwa setiap jalur mudik diindonesia selalu diwarnai dengan kemacetan dimana-mana. Dengan menggunakan transportasi Kereta api atau pesawat terbang hal ini dapat anda hindari. Tentu saja dengan biaya tiket sedikit lebih mahal dari tiket bus.

3. Meminimalisir barang bawaan

Usahakan membawa barang hanya yang penting-penting saja, yang sekiranya sangat diperlukan di kampung halaman. Bagi yang memiliki anak kecil hal ini akan sangat merepotkan sekali. Pertimbangkan mengirim barang bawaan (oleh-oleh) untuk keluarga di kampung halaman melalui jasa pengiriman yang ada. Untuk yang merakyat perimbangkan mengirim barang melalui kantor pos. ini akan lebih murah, karena diakui kualitas kantor pos sudah lebih baik dari tahun ke tahun. Usahakan 

4. Jaga Kondisi kesehatan
Ini yang paling penting. Sesiap apapun anda, tapi ketika akan melakukan perjalanan kondisi tubuh anda drop, semua persiapan anda akan sia-sia. Oleh karena itu, jaga kondisi badan, dan stamina agar perjalanan mudik anda menjadi lebih menyenangkan.

itulah beberapa point yang perlu anda perhatikan, sebelum anda melakukan perjalanan mudik lebaran. Tunggu tips mudik berikutnya di Mudik lebaran (2)

Artikel Terkait

Mudik Lebaran?? Perhatikan hal-hal berikut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda