Sunday 24 July 2016

Mengatasi komputer lemot dengan bersihkan cache


Pernahkah anda mengalami komputer tiba-tiba lemot? berjalan tersendat-sendat?atau kapasitas drive :/C anda terus menurun dari waktu ke waktu? jangan langsung di instal ulang. anda perlu melakukan pembersihan atau perawatan system komputer anda terlebih dahulu. Sebagaimana kita ketahui, komputer adalah sebuah system/mesin yang berjalan atas perintah anda. Setiap perintah yang anda berikan, komputer akan mengingatnya dengan baik. hal ini dilakukan dengan cara menyimpan perintah terakhir anda sebagai log ke dalam cache yang biasanya terletak di drive :/c. Tempat yang digunakan oleh komputer untuk menyimpan terletak di folder "prefetch" dan "Temp" yang terhimpun di dalam folder induk "windows". Agar performa komputer tetap terjaga, anda perlu melakukan perawatan rutin agar komputer anda tetap dapat berjalan dengan baik. Bagaimana caranya? anda dapat melakukan pembersihan ruang simpan sementara/cache komputer. File yang Hal ini dilakukan agar komputer tidak perlu mengindeks lagi file yang sudah tidak berguna, dengan begitu waktu yang digunakan komputer untuk memproses perintah anda akan dipersingkat. Selain itu, membersihkan cache komputer juga akan menghemat space atau ruang simpan hardisk anda sehingga system akan memiliki ruang yang luas untuk bekerja. 



Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan cache komputer. Cara pertama adalah dengan cara menghapus manual file-file yang terdapat di dalam folder "prefetch" dan "temp". Anda dapat menggunakan windows explorer untuk membuka folder ini, atau dapat juga menggunakan perintah comand promp. Jika anda membuka folder melalui windows explorer, folder "Prefetch" dan "Temp" berada di direktori C:\Windows\Prefetch untuk folder "prefetch" dan C:\Windows\Prefetch untuk folder "temp". Kedua folder ini berisi file-file perintah yang pernah dilakukan oleh komputer. Hapus semua file yang ada didalam kedua folder tersebut. 


Anda juga dapat mengakses folder ini melalui perintah comand promp dengan cara menekan tombol windows di keyboard dan tombol huruf R secara bersamaan. Akan terbuka jendel RUN. Ketik "prefetch" untuk mengakses folder prefetch atau "temp" untuk mengakses folder temp (hilangkan tanda petik). setelah itu lakukan hal yang sama seperti diatas.

Selain menggunakan cara diatas, anda dapat menggunakan sebuah software bernama CCleaner. Software buatan piriform ini bekerja menghapus chache dan membuang registry yang sudah usang, atau sudah tidak relevan dengan file manapun. Hanya dengan beberapa langkah mudah, komputer anda dapat bersih dari registry usang dan temporary file yang sudah tidak digunakan oleh komputer lagi. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Instaler CCleaner dapat anda unduh disini Download CCleaner 5.20. Setelah software berhasil anda instal, anda dapat mengkonfigurasi pilihan yang ada di CCleaner. 

Pertama pada tab CLEANER pada pilihan windows anda dapat mencentang semua pilihan yang ada. Hal ini agar CCleaner membersihkan semua aplikasi yang berjalan. Kecuali pada tab system, jangan centang pilihan start menu shortcut dan desktop shorcut, karena semua menu yang ada pada start menu dan desktop akan hilang. Pada pilihan application centang semua pilihan yang ada.

Kedua, pada tab registry, centang semua pilihan yang ada. Untuk menjalankan program, klik tombol Run Cleaner, dan CCleaner akan berjalan membersihkan cache di semua pilihan yang anda centang tadi. Untuk membersihkan registry, klik tab registry dan Scan for issues, pada perintah ini CCleaner bekerja membaca registry yang sudah usang, yang pada akhirnya memberikan pilihan pada anda untuk membackup atau tidak registry yang akan dihapus. Saya tidak pernah membackup registry sesuai permintaan CCleaner, karena selama ini saya menggunakan software ini, registry saya tidak pernah bermasalah.

Demikian semoga bermanfaat.


Password zip : twoolmukomuko.blogspot.com

Artikel Terkait

Mengatasi komputer lemot dengan bersihkan cache
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

29 September 2016 at 04:40 Delete

Saya terkesan dengan kualitas informasi dalam situs ini . Ada banyak sumber informasi yang baik di sini . Saya yakin saya akan mengunjungi tempat ini lagi segera oleh ebook panduan teknisi komputer terlengkap

Reply
avatar
30 September 2016 at 02:08 Delete

salam admin
Setelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya Terima kasih untuk berbagi ebook panduan teknisi komputer

Reply
avatar

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda