Wednesday 22 June 2016

Cara Membuat Sitemap Otomatis Yang Keren di Blogspot

selamat siang, blogger. Barusan saya sempat kebingungan ketika mencoba submit blog saya ke google webmaster, karena di salah satu task nya saya diminta untuk mensubmit sitemap atau peta situs blog kita. Mau nggak mau akhirnya googling sana dan googling sini. 

Bagi para blogger senior, hal ini adalah sebuah tahapan yang sangat biasa, dan sepele, namun bagi saya, tidak akan ada senior kalau tidak ada pemula. Nah berikut ini saya mencoba berbagi pengalaman bagi para blogger pemula seperti saya cara membuat sitemap yang menarik. 

Menurut WIKIPEDIA, Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website.  Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. 

Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis xml langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah. jadi dapat saya katakan bahwa sitemap ini sangatlah penting kita sertakan dalam blog kita, tujuannya adalah agar blog kita dapat dikenali oleh mesin pencari, tentu saja apabila blog kita telah dikenali mesin pencari dengan baik, otomatis pengunjung akan dapat dengan mudah menemukan blog kita. 

Ok, kita lanjutkan saja ya, tentang bagaimana membuat sitemap yang menarik di blog kita. Setelah muter-muter bareng oom Google, akhirnya pencarian saya mendarat di sebuah website www.nurharyono.com. Dari sana saya membaca dan saya terapkan sitemapnya di blog ini. Demonya dapat kita lihat disini

Lalu bagaimana caranya untuk memasang sitemap tersebut di blog kita. Caranya sangat mudah dan simple, berikut saya uraikan satu persatu. 

1. Pertama masuklah ke akun blogger anda dan buatlah satu halaman baru.


2. Buat judul halaman dengan "sitemap". disebalah kiri atas pilih HTML, ini karena kita akan menggunakan kode-kode html sebagai penyusun sitemap. 

3. Pastekan kode Html dibawah ini, lalu ganti tulisan yang berwarna biru dengan alamat blog anda. Kalau tidak diganti, tar yang keluar adalah halaman sitemap blog saya.. hehehe

<style type="text/css">
#toc{
width:99%;
margin:5px auto;
border:1px solid #2D96DF;
-webkit-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
-moz-box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
box-shadow:4px 4px 8px 2px rgba(0,0,0, 0.2);
}
.labl{
color:#FF5F00;
font-weight:bold;
margin:0 -5px;
padding:1px 0 2px 11px;
background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#055A85 40%);
background:-webkit-gradient(linear,left 10,right 80,color-stop(0.20,#055A85),color-stop(1,#C2EAFE));
border:1px solid #2D96DF;
border-radius:4px;-moz-border-radius:4px;
-webkit-border-radius:4px;box-shadow:3px 3px 1px #bbb;
-moz-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;-webkit-box-shadow:3px 3px 1px #bbb;display:block;
}
.labl a{
color:#fff;
}
.labl:first-letter{t
ext-transform:uppercase;
}
.new{
color:#FF5F00;
font-weight:bold;
font-style:italic;
}
.postname{
font-weight:normal;
background:-moz-linear-gradient(right,#C2EAFE 0%,#fff 40%);
background:-webkit-gradient(linear,center 60,right 10,color-stop(0.60,#fff),color-stop(1,#C2EAFE));
}
.postname li{
border-bottom: #ddd 1px dotted;
margin-right:5px
}
</style>

<br />
<div id="toc">
<script src="https://googledrive.com/host/0ByNodV_m9cVLR0pmWFgwZ1NmdW8/" type="text/javascript"></script>
<script src="https://twoolmukomuko.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script></div>

4. Jika sudah jangan lupa disimpan dan Jreng... sitemap anda sudah jadi.

Demikian sedikit cara untuk membuat sitemap di blogspot. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Membuat Sitemap Otomatis Yang Keren di Blogspot
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda