Wednesday 22 June 2016

Cara Menambahkan Widget Ke dalam Blog

Bagaimana menambahkan jam di blog?? bagaimana menambahkan total pengunjung di blog ? pertanyaan ini bagi  para pakar bloger adalah sebuah pertanyaan yang sepele. namun bagi bloger pemula seperti saya, tentu sangat membingungkan. 

Apa itu widget pada sebuah blog??
widget adalah sebuah aplikasi yang dipasang pada sebuah website atau blog yang dapat berupa gambar, flash, video dan lain-lain, contohnya jam, jumlah pengunjung, newsflash dan lain-lain. Tujuan dari pemasangan widget ini adalah untuk mempercantik tampilan website, juga untuk memberikan informasi tambahan yang berguna bagi pengunjung sebuah website atau blog. Kita bisa mendapatkan bermacam widget dari penyedia situs atau mendapatkanya dari penyedia widget baik yang berbayar ataupun yang gratisan. 

Apa fungsi widget ?
Widget dalam sebuah website/blog berfungsi memberikan informasi kepada pengunjung tentang website/blog yang di kunjunginya. Informasi ini dapat berupa jam waktu, tanggal, ranking website/blog atau jumlah pengunjung website/blog tersebut dan lainnya. Selain itu juga berfungsi untuk mempercantik tampilan website/blog, sehingga pengunjung merasa betah untuk berlama lama di website/blog tersebut.

Lalu, bagaimana memasang widget?
Inilah yang menjadi pokok bahasan yang akan saya ulas, karena saya adalah pengguna blog, maka dalam hal ini saya akan mencontohkan penggunaan atau cara memasang widget di blogspot.
berikut saya akan berikan contoh cara memasang widget ?

1. Login ke akun bloger anda, 
2. Dari dashboard klik menu setelan masuk ke menu "tata letak".


3. Nah setelah itu kita akan masuk ke menu setelan tata letak blog. Dari jendela ini kita dapat melihat struktur dari tampilan blog yang kita miliki. sekarang tinggal anda tentukan di bagian mana anda ingin meletakkan widget yang anda inginkan. pada umumnya sidget di letakkan pada posisi sidebar, yaitu disebelah kanan atau kiri blog. Bila sudah anda menentukan lokasi widget, klik "tambahkan gadget" dalam hal ini saya asumsikan kita akan menambahkan widget pada posisi sidebar.


4. Akan terbuka jendela tambahkan gadet. nah disinilah kita dapat memilih widget mana yang akan kita tambahkan. kita ambil contohkan widget statistik blog.


klik statistik blog dan akan terbuka jendela baru untuk memilih judul dan jenis tampilan yang kita inginkan. setelah itu klik simpan, dan widget baru telah berhasil di tambahkan ke blog anda.




demikian semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Cara Menambahkan Widget Ke dalam Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda