Thursday 23 June 2016

Mudik Lebaran ?? Perhatikan hal-hal berikut (2)

Seperti yang sudah saya tulis beberapa saat lalu di mudik lebaran??perhatikan hal-hal berikut. kali ini saya akan menulis beberapa hal yang  perlu diperhatikan jika anda akan melakukan perjalanan mudik lebaran. Jika diartikel sebelumnya saya fokuskan pada para pemudik yang menggunakan transportasi umum, kali ini saya coba fokus pada pemudik dengan kendaraan pribadi baik roda 4 atau roda 2. 

Nah sebelumnya mari kita perhatikan beberapa foto yang saya ambil di google. 



Apa yang anda bayangkan dari kedua foto diatas? Yup.. kemacetan yang sudah menjadi tradisi dan kebiasaan rutin arus mudik dan balik lebaran di indonesia. Imbasnya adalah daya tahan kendaraan yang kita gunakan. Bayangkan jika kendaraan yang kita gunakan tidak dalam kondisi prima. Berikut ini saya coba berikan beberapa tips mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik yang saya rangkum dari beberapa sumber khususnya bagi anda yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi.

1. Pastikan anda memiliki kendaraan

heheheh ini penting lho, iya kan?? kalau nggak punya kendaraan lalu kita mau mudik pakai kendaraan siapa.. hehehehehe 

2. Cek oli kendaraan anda


Ingat kapan terakhir kali anda mengganti oli kendaraan anda? bagi pemilik kendaraan roda 4 biasanya dicatat di label yang didapat ketika ganti oli terakhir. tinggal menyesuaikan angka yang ada di label dengan odometer mobil. nah bagi kendaraan roda dua, rata-rata tidak memakai cara ini. kecuali bagi mereka yang melakukan service dan ganti oli di bengkel-bengkel yang sudah besar. 

3. Cek Kampas Rem


Kampas rem adalah salah satu komponen vital dalam kendaraan. dan komponen ini pula yang sering mengakibatkan kecelakaan fatal yang berujung maut. Oleh karena itu ada baiknya anda periksa kondisi kampas rem kendaraan anda baik itu kampas rem teromol atau kampas rem cakram, keduanya sama sama penting. lihat ketebalan masing-masing kampas rem, masih wajarkah atau sudah waktunya ganti. 

4. Cek Rantai/Gir



Untuk sepeda motor perlu dan wajib sekali untuk memeriksa kondisi kedua komponen ini. Kedua komponen ini akan bekerja lebih keras pada saat mudik nanti karena selain jarak tempuh yang lebih panjang, dan beban kendaraan yang pastinya lebih berat dari biasanya. Maka pastikan kondisi komponen ini prima, akan lebih baik jika anda mengganti kedua komponen ini sebelum berangkat mudik. Bagi pemilik kendaraan matik yang tidak memakai rantai bukan berarti mereka bebas dari komponen ini. Motor matic perlu memeriksa kondisi CVT belt yang dipakainya, karena untuk memeriksa ini sangat rumit lebih baik anda bawa motor anda ke bengkel untuk memeriksa kondisinya. Bagi kendaraan roda 4 walaupun lebih aman bukan berati tidak perlu pengecekan. Anda perlu memeriksa kondisi oli gardan, minyak rem, oli power steering, air radiator dan air wiper.

5. Cek Aki, Bohlam Lampu dan kelistrikan lain.



Ini juga patut mendapat perhatian lebih. Beberapa komponen yang berkaitan dengan kelistrikan memang susah-susah gampang dan gampang-gampang susah. Komponen pertama yang perlu di cek adalah busi, untuk komponen satu ini lebih baik anda ganti dengan yang baru, karena harganya juga tidak terlalu mahal. Kemudian periksa bohlam lampu, lampu sein, dan lampu stop atau lampu rem. pastikan semua berfungsi dengan baik. Aki dapat kita pastikan masih dalam kondisi baik jika lampu, sein, klakson, lampu rem masih berfungsi dengan baik. Bagi kendaraan roda 4 cek juga kondisi air aki, kecuali anda sudah menggunakan aki kering. 

6. Ban




Pastikan bahwa kondisi ban kendaraan anda masih dalam kondisi yang bagus. Dengan kedalaman alur ban masih dalam batas wajar. Jangan sekali kali anda memaksakan mengendarai kendaraan dengan kondisi ban yang kritis atau anda akan merasakan sendiri akibatnya.

itulah beberapa tips yang dapat anda jadikan referensi sebelum anda mudik lebaran. Bagi anda yang memiliki pengalaman lebih silahkan share dengan kami di kolom komentar dibawah.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mudik Lebaran ?? Perhatikan hal-hal berikut (2)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda