Saturday 6 August 2016

Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang



gambar dari google
Lampu adalah komponen utama sepeda motor bagi anda yang sering bepergian dengan menggunakan kendaraan. Bagi kendaraan roda empat atau lebih, lampu tidak akan menjadi kendala karena lampu pada mobil sudah didesign untuk mendapatkan penerangan yang sempurna. Bagaimana dengan anda yang bepergian dengan sepeda motor? karena tidak semua lampu sepeda motor memiliki daya penerangan yang bagus terutama untuk sepeda motor yang telah berumur. Cara yang paling mudah adalah dengan mengganti lampu sepeda motor anda dengan menggunakan bohlam HID. 

Sebelum saya lanjutkan, sedikit akan saya ulas menganai lampu HID. Dengan komponen lampu ini, cahaya yang dihasilkan akan jauh lebih terang daripada menggunakan bohlam biasa. Lampu HID terbagi menurut temperatur cahaya yang dihasilkan yang nyatakan dengan satuan K (Kelvin). Semakin tinggi derajat kelvin, maka cahaya yang dihasilkan akan semakin putih. Sebaliknya, semakin kecil derajat kelvin, warna cahaya akan semakin kuning.  Nah semakin tinggi derajad kelvin, akan semakin buruk digunakan ketika hujan atau berkabut. Satu hal yang menjadi kendala dengan penggunaan lampu ini adalah harga dari lampu HID yang masih relatif mahal.

Namun jangan dulu berkecil hati untuk bisa membuat lampu motor lebih terang dari biasanya. Dengan trik dibawah ini, lampu motor dapat dibuat lebih terang dari biasanya, tentu saja dengan modal yang sangat-sangat murah sekali. Hanya dengan modal Resistor 680Ohm/1Watt. Yup. hanya dengan itu.

gambar dari google

Trik ini dilakukan dengan cara memanipulasi Kiprok atau rectifier. Pada kondisi normal, Kiprok menerima arus dari spull atau generator, dimana generator bekerja berdasarkan putaran mesin yang berarti semakin tinggi putaran mesin maka semakin besar tegangan yang dihasilkan. Sementara itu, system kerja kiprok adalah merubah tegangan dari generatro (AC) menjadi tegangan DC sekaligus menstabilkan tegangan keluaran. Hal ini berarti apabila suplay arus dari generator kecil, maka kiprok akan bekerja menaikkan tegangan keluaran, begitu juga sebaliknya. Dengan cara kerja ini kita akan memanipulasi arus yang masuk ke kiprok dari generator. Caranya adalah memberi hambatan arus yang masuk kekiprok dari generator dengan memasang resistor. Dengan cara ini kiprok akan menganggap arus dari generator kecil sehingga akan bekerja menaikkan tegangan keluaran ke lampu.

Cara ini akan menghasilkan tegangan dari kiprok yang menuju ke lampu menjadi 15Volt. Anda dapat bereksperiman dengan cara mengganti besaran resitor yang digunakan, semakin besar nilai hambatan resistor yang digunakan maka lampu akan semakin terang. Dengan konsekuensi akan memperpendek umur lampu. Cara yang mudah adalah dengan menggunakan Variable resistor atau populer dengan potensio. Dengan ini anda tinggal memutar-mutar potensio tersebut untuk mendapatkan tegangan yang diinginkan.

Demikianlah cara membuat lampu sepeda motor menjadi lebih terang. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan melalui kolom komentar dibawah.



Artikel Terkait

Membuat Lampu Sepeda Motor Lebih Terang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

No SARA. Terimakasih atas Komentar anda